Achepali atau Blemmyes

Achepali Blemmyes (Latin blemmy) adalah mahluk yang begitu menyerupai manusia, dengan tubuh, kaki dan tangan yang sama persis, namun satu hal yang membedakannya, wajahnya yang terletak bukan dikepala, karena Achepali tidak memiliki kepala, maka wajah itu menempel pada tubuhnya, di tengah-tengah antara dada dan perut.
Achepali juga mempunyai nama lainnya, yaitu Blemmys, yang berasal dari bahasa latin Blemmyae, adalah mahluk legendaris yang hidup di daratan Afrika, Nubia, Kush atau Ethiopia, dan umumnya ada di bagian selatan Mesir.
Mereka dipercaya sebagai Achepalous, mahluk tanpa kepala. Ahli alam Romawi Pliny menuliskan tentang Achepali, ‘Traduntur capita abesse, ore et oculis pectore adfixis’ yang artinya adalah blemmyes tidak memiliki kepala, dan mulut serta matanya berada di dada. Acephali sebelumnya adalah manusia, tapi mereka tidak patuh dan melawan kepada dewa-dewa dan itu membuat dewa-dewa menjadi marah, menghukum mereka dengan mengenyahkan kepalanya.

Para Blemmyes (Latin blemmy) adalah suku yang menjadi fiksi sebagai ras makhluk diyakini acephalous (tanpa kepala) monster yang memiliki mata dan mulut di dada mereka. Pliny the Elder menulis tentang mereka bahwa Blemmyes traduntur kapita abesse, bijih et oculis pectore adfixis (“Dikatakan bahwa Blemmyes tidak memiliki kepala, dan bahwa mulut mereka dan mata yang dimasukkan ke dalam dada mereka”). Para Blemmyes dikatakan hidup di Afrika, di Nubia, Kush, atau Ethiopia, umumnya di selatan Mesir.


Blemmyes muncul dalam novel 2000 Petualangan Amazing Azzam oleh K Godel sebagai suku kanibal yang menjaga harta karun yang hilang dari Raja Salomo. Mereka menggunakan klub, tombak, dan panah sebagai senjata pukulan.

Penulis kuno kadang-kadang menggunakan istilah orang yg makan orang lain (GRK: pemakan manusia) untuk menggambarkan Blemmyes, karena mereka dikenal karena kecenderungan kanibalisme mereka.

Para orang yg makan orang lain memiliki sopan santun yang paling biadab semua. Mereka tidak mengakui hak setiap aturan atau hukum adat mengamati. . . [Mereka] memiliki bahasa semua mereka sendiri, dan sendirian dari semua negara-negara mereka pemakan manusia. — Herodotus, The Histories of Herodotus (440 SM)

Dikatakan bahwa blemmy tidak memiliki kepala dan mulut mereka dan mata yang dimasukkan ke dalam dada mereka. — Pliny the Elder, Naturalis Historiae (75 M)

. . . pulau lain, di tengah jalan, orang hidup dan alam bertubuh jelek, yang tidak memiliki kepala dan mata mereka di bagian belakang dan mulut, bengkok sebagai tapal kuda, di tengah-tengah payudara. Di pulau lain, ada banyak orang tanpa kepala, dan yang memiliki mata dan kepala di belakang. — Keajaiban Dunia (1356)

Gaora adalah sungai, di tepi yang merupakan orang yang kepalanya tumbuh di bawah bahu mereka. Mata mereka berada di bahu mereka, dan mulut mereka di tengah-tengah payudara mereka. — Hakluyt ‘s Voyage (1598)

Untuk sebelah barat Caroli adalah penyelam bangsa sekelompok orang kanibal, dan mereka yang tanpa kepala Ewaipanoma. — Sir Walter Raleigh, The Discovery of Guyana
Beberapa penulis memperoleh cerita tentang Achepali bahwa, kepala mereka tersembunyi diantara bahunya. Samuel bochart mendapat arti kata untuk mendeskripsikan Achepali dari dua pengertian orang Yahudi, satu berarti negosiasi, arti lainnya adalah otak (pikiran), yang berarti Achepali adalah orang tanpa otak (pikiran). Dijelaskan dalam sejarah kerajaan terakhir bangsa romawi Achepali adalah suku Nubian pengembara. Pada akhir abad ke tiga, bersamaan dengan suku bangsa lainnya, Nobadae, berulang kali menyerang bangsa Romawi. Faktanya, Achepali memiliki bahasa Arab kuno dan wilayah cakupan mereka dekat dengan Meroe sampai ke Aswan di abad pertama sampai kedua masehi. Namun Ahli ilmu bumi (geografi) Yunani, Strabo, mendeskripsikan Achepali sebagai masyarakat yang suka hidup dengan damai.

1 Komentar

Filed under Mahluk Mitos

One response to “Achepali atau Blemmyes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s