Mengenal Ilmu Tarot

Menurut catatan sejarah umur “ramalan” dengan kartu tarot sudah lahir semenjak masa nabi Musa AS. Yang dikenal secara lisan dan berkembang dilingkungan bangsa Ibrani yang kemudian berproses dalam kurun waktu sangat panjang dan dikenal sebagai ilmu Qaballa.

Pada permulaan abad ke-12 sampai abad ke-15 ilmu ramal meramal berkembang pesat di daratan Eropa sampai pada abad pencerahan yang memisahkan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan. Tidak heran bila ilmu ramal meramal pernah menjadi pertentangan yang sengit dan menganggap ilmu ramal-meramal terkait dengan ajaran yang tidak rasional

Namun bagi kaum yang arif ilmu ini menjadi menarik untuk dikaji lebih profesional sebagaimana pekerjaan ilmuwan fisika yang menemukan pengetahuan alam semesta atau materi atom.

Para penemu bahasa simbol kartu tarot pun berpendapat bahwa dibalik perlambang kartu ada suatu energi yang tak tampak, yang sampai hari ini mengundang minat orang untuk menambang misteri dibalik semua lambang gambar yang catatanya ditemukan di meseum di kota Fez Maroko.

Keduapuluh dua lambang kartu Tarot merupakan lambang perjalanan bintang yang erat kaitanya dengan siklus kehidupan manusia. Seni wacana Tarot di Indonesia masih terdapat pada kalangan terbatas karena sikap malu-malu atau menganggap tidak ilmiah.

Padahal orang lupa ketika Thomas Alfa Edison menemukan energi listrik yang tak kasat mata menjadi bahan ejekan. Ternyata penemuanya itu dikemudian hari banyak memberikan kemudahan dibidang tehnologi bagi umat manusia. Dikemudian hari seiring perjalanan waktu banyak penemuan iptek yang permulaanya berawal dari bertafakur melalui gambar-gambar simbol yang mengilhami seseorang

Tarot berarti jalan utama hidup Bangsa Mesir menyebut dengan istilah Jalan Bangsawan Bahasa Sanskrit menyebut Rota yang berarti Roda hidup. Sementara bahasa Arab menyebutkanya Turuq, empat jalan, sebagaimana yang tergambar dari empat rupa gambar yang terdapat pada Arkana penunjang.

Dalam Islam sendiri lebih dikenal dengan kata Tarekat. Tak heran kalau kemudian salah satu batu ujian akhir seorang penganut paguyuban Tarekat Islam menggunakan pengetahuan Tarot sebagai batu uji pendalaman tingkat karomahnya, tingkat pencerahan Tarot sebagai alat mediator mampu mengungkap secercah rahasia diluar ruang dan waktu.

Wacana Kartu

Seni membaca Tarot tidak beda seperti menggunakan sebuah kunci untuk membuka pintu. Kartu Tarot tidak mengandung unsur-unsur kegaiban yang membawa kemukjizatan atau jalan pintas untuk mencapai tujuan akhir yang menyenangkan nafsu hewani manusia.

Berkonsultasi melalui pembacaan lambang pada kartu Tarot banyak memberikan penga laman sebagai salah satu terapi penyembuhan kejiwaan dan fisik. Tarot bukan semata mata kartu ramal masa depan yang sudah menjadi takdir bagi setiap orang. Tetapi Tarot digunakan sebagai alat konsultasi yang memberikan jalan keluar saat seseorang tertumbuk dinding kendala dalam menghadapi perjuangan.

Agar dipahami bahwa pembacaan tarot hampir merupakan membaca sebuah buku yang kaya dengan resep-resep memecahkan permasalahan hidup. Berpangkal pada pertanyaan-pertanyaan yang menggelisahkan hati manusia, melalui seni wacana pembacaan tarot berbagai pencerahan yang berujung pada solusi tindakan tanpa harus meninggalkan akan kebenaran wahyu wahyu Tuhan. Sebab, masalah kejiwaan tidak cukup hanya dihibur dengan kata-kata “sabarlah nak, Tawakalah, Serahkanlah semua ini kepada kehendak-NYA”. Tarot menawarkan solusi usaha agar jiwa manusia tetap tegar dan kuat dalam mengahadapi setiap cobaan.

Disarikan dari “Bunga Rampai Wacana Tarot”
(Ani Sekarningsih – Grasindo)

Sumber: http://www.geocities.com/tarotwayang/intro.htm

4 Komentar

Filed under tarot

4 responses to “Mengenal Ilmu Tarot

  1. laras

    Belajar tarot adalh sesuatu yg sangt manyenagkn bagi sebagian org.Disana ada seni mengolah pikiran lwat jiwa.Tp kembali pd trah nya jg,hasil akhir pembelajaran bg mereka yg ada gen kearah sana seperti dah ada yg bimbing dan wkt u bljarpun relatif cepet.Siapapun bs bljar tarot,mungkin perlu ada usaha yg lebih keras dr pd mereka yg leluhurnya berkutat d dunia metafisik…

  2. eyra

    pengen blazarrr
    but gug tw caranya……….

  3. lita

    aku sering bermain kartu tarot bhkan penggemar kartu tarot..tp knpa teman2 ku senang nila aku yg meramal mereka lwt tarot ketimbang mereka bermain sendiri dng krtu itu…

  4. anneke

    penggen belajar ilmu tarot tp g tau caranya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s