Poppo’ .. Mitos atau Kenyataan Di Sulawesi Selatan

Poppo’ adalah Manusia Tanpa Badan yang Diyakini ada pada Masyarakat Sulawesi Selatan.. Popo’ Menurut mereka adalah Sosok Manusia tanpa kepala yang menurut masyarakat banyak berada

didaerah sekitar pangkep, Jeneponto atau daerah suku Bugis. sosok ini muncul akibat seseorang yang ingin mendapat ilmu untuk cepat kaya.. tapi mengalami kesalahan dalam menjalani ritual dan doyan memakan jantung atau hati dari bayi yang baru lahir.

Beberapa Fakta Pendukung ini banyak dijumpai di masyarakat Sulawesi Selatan. Mereka pada umumnya melihat hal

tersebut pada waktu malam skitar pukul 11:00-04:00 menjelang azan subuh biasanya mereka berubah kembali kewujud manusia biasa.

Menurut mereka Pop’po takut pada Bawang merah, merica, dan parang panjang… masyarakat sulawesi selatan biasanya membakar dupa berupa kulit bawang putih atau kulit bawang merah serta mendidihkan air pada saat menjelang kelahiran bayi mereka untuk menghindari kehadiran dari mahluk ini.

mereka juga meyakini poppo sering mengambil rejeki dari rumah yang didatanginya. sehingga rumah tersebut tidak akan pernah berkecukupan. tapi Rumah yang didalamnya sering dibacakan ayat-ayat suci alquran tidak akan pernah didatangi oleh mahluk ini (dari berbagai Sumber)

85 Komentar

Filed under Tahayul

85 responses to “Poppo’ .. Mitos atau Kenyataan Di Sulawesi Selatan

  1. baim

    saya rasa poppo itu adalah makhluk halus yang memiliki bentuk seperti manusia namun isi perutnya itu keluar dan biasanya isi perutnya itu ditinggal di suatu t4,dan apabila anda mendengar suaranya..”poppo” tapi kedengaran seperti jauh berarti dia berada dekat dengan rmh anda & bgtu jg sbaliknya…dan apabila anda pada saat mendengar suaranya dan anda memanggilx maka tggulah tengah malam nnti dia akan mengetuk-ngetuk pntu rmh anda dan akan meminta 1 kantung garam,dan apabila anda tdk memenuhi keinginannya maka esokx dy akan meneror anda…. ini saya ketahui dari pengalaman bapak saya di kampung….. btuh crita lain .. ” wonbaim@yahoo.com ” on facebook

    • coy

      jika anda memang serius ingin bertemu sama poppo,ini syaratnya:
      persiapkan diri dan mental anda terlebih dahulu,carilah tempat sepi yng memunkinkan tidak orng melihat anda,siapkan tempurung kelapa yng mempunyai tiga lubang,siapkan juga ranting pohon kemiri yng udah kering.bakar ranting2 kemiri tersebut sambil duduk d tempurung kelapa,biarkan berasap karena poppo suka asap dari kayu kemiri,tunggulah beberapa menit kemudian,buktikan sendiri!
      catatan,,tidak di anjurkan yng punya penyakit jantung atau lemah jantung,jangan lari pada saat udah melihat poppo tersebut,karena bisa bahaya buat anda,lakukan diskusi dengan poppo tersebut,selamat mencoba
      “”””””””””””””” INI SUDAH DI BUKTIKAN””””””””””””””

  2. saya mau tambahkan sdikit dari penjelasan di atas……!!!!
    perasaan saya poppo itu selalu muncul di jam 10 keatas dan badanX itu di keluarkan semua isi perutx dan d simpan di atap rumahX…..!!!!!
    dan dia biasa mengetuk-ketuk pintu atau jendela pada saat kita sedang tidur….
    dan biasanya poppo itu hanya meminta sarung tapi juka kita tidak memberikan kita akan di isapx atau jantung dLLx itu kan di makanx….!!!!!
    hanya ini yang saya ketahui dari pengalaman saya di enrekang kampung saya…!!!!
    info lebih lanjut hubungi 081342685635….
    Oc.

  3. hendra

    menurut saya …dan ini fakta .karena kenapa saya berkata begini..karena saya kelahiran di sulawesi_selatan.dan saya ada di tempat kejadian….waktu itu setelah solat maghrib,,,tepat pukul,9..saya lagi da di rumah tapi mengapa tetangga saya lagi teriak….bertepatan pada waktu itu tetangga saya sudah melahirkan….dan katanya anaknya lagi di ambil po’ppo. ..dan waktu itu saya lagi da di rumah karena saya tetangga dan katanya…baru2.aja larinya kebelakang rumah..makanya kami langsung bawa daun kelor&bawang merah….dan kami langsung daptkan…..po’ppo itu dapat kita tangkap aslkan kita bawa daun kelor&bawang merah.dan ternyata orang yang menjadi itu po’ppo.itu adalah keluarga mereka sendiri.

  4. Amy Newton Pythagoras

    D Daerah sya,d Sapken,kta “Poppo'” sdh tdk asing lg.sya mank blm prnah lhat lgsg bgmna bntuk poppo’ itu,tp dr crita2 msyrakat stempat,,poppo’ itu adl manusia yg stiap saat bz brbah jd mkhluk yg nngerikan dg cri2 rambut mrka biasana b’diri spt org ksetrum listrik,dan biasana mreka mminum drah,mmakan bngkai,m’hisap luka,n (maaf) mmakan ktoran.tp mreka mlakukn smua itu tnpa sdar krn tlah krasukan.mrka tkut pd bwang mrah,bwang ptih n kunyit yg d tsuk2 spt sate.klo mrka d lhat org sdg mlakukn hal itu,biasana mrka akn m’brikan smua p’mintaan org itu asal org itu tdk m’brithukn kpd org lain.poppo’ itu ada dlm suatu kluarga smpai 7 trunan,,n ktana tdk bz d smbuhkn.sya jg bngung,tu smua bnar atau cma mitos..klopun tu smua bner,knpa hnya msyrakat Bajoe yg mmiliki kykinan spt itu??

    • 123456789

      itu semua benar karena semua yg saya baca datas itu benar n saya n teman saya pun pernah mengejar poppo

    • sherlock

      Disulbar juga banyak boss, termasuk dikampung zaya

    • Io smua benar kena om. Dan bpk sya menurut crta.y pernah menangkap poppo itu dan kta.y poppo itu rambut.y licin.. dan kelemahan.y kita harus memukul poppo itu sekeras mungkin dan hanya sekali.klo kita memukul.y sampai 2 atau 3 kali tdk akan mampan..
      Dan bpk sya pernah bertarung dgn poppo itu tanpa mnggunkan pakaian dam terbukti poppo itu berambut sangat licin.dan berjanji tdk akan mengganggu keturunan.y..

  5. menurut keping poppo sudah di hisapnya dan di makannya sehingga tak berdaya..

  6. menurut saya poppo aku sudah hisap dan di makan sehingga tak berdaya..

  7. menurut saya poppo aku sudah hisap dan di makan sehingga tak berdaya..

  8. mito

    q mw tanya nui..
    lo poppo itu kturunan brrti parakang bsa truntemurun jga..
    soz q knalan ma cwe dan dya ska ma q..
    tpi kta tante ttgantya blang lo cwe itu parakang..

    q jga mw tanyakan gmna sosok parakang dan gmna cra mlawannya… mkasih

  9. rahmat

    setau saya si simple bung..poppo itu ciptaan Tuhan…hehhee piss ahhh

  10. erik

    zaman modern gini percaya tahayul, mikir bang. mankx abang ngaji dimana. atau jgn2 otak abang udah penuh dgn khurafat jahiliah. istighfar bang. mending abang wudhu trus sholat tobat bang.

  11. anastasya

    seremm bgt !!
    trnyta di mks bnyakk jga yg aneh2

  12. bandi

    bagaimana ciri-cirinya poppo itu kalau sedang menjadi orang dan bagaimana cara menghadapinya….

  13. ini jurus ampuh dr q bang,.yaitu dgn modal keberanian n keimanan dgn mnggunakn senjata badi lampe’ kaminang mataran,tapi hatiko,biasanya tidak d makn senjata tajm,.makax kuatkn iman,prbaxk tawkkal n kuatkn ilmu kebathinan..jgn tahayul..by ARIEF ana’ to LETTA’..085210799366

  14. rhio

    saya tdk percaya karna saya blum pernah meliat secara langsung

  15. Maulana putra kfc

    z itu prcay yg nmx poppo sbb di kmpung hlmn z bnyak yg gosip tntn adx popPO ,

    Maulana putra Kfc
    082187524384

  16. Justin Timberlike

    sorry sy ini dri England tpi gara2 aku melihat poppo d Germany aku lansung kaget trnyata poppo itu juga ada d germany yach..!!!

    Keping aku g percaya klo kamu sudah makan poppo iu..!! g masuk akal..

  17. Rio Nagh Brandalz

    masa knp pakai ko bhs indonesia

  18. Amiril

    dulu manusia juga gak percaya kalau bumi ini bundar…

  19. Poppo'

    aku juga punya pengalaman mengenaai poppo’….
    poppo’ itu adalah penyakit emang sih dari keturunan tapi ada juga yang mempelajari ilmu ini karena pengen kebal atau apalah,..
    saya punya cerita nih tentang kakek saya yang udah 50an tahun umurnya yang sebenarnya dia tidak sadar kalau dirinya itu poppo’…
    tiap tengah malam sekitar jam 12.00-03.00 dia terbangun dengan tidak sadar untuk pergi mencari mangsanya, tapi dia tidak mengganggu manusia atau menculik bayi, dia hanya suka memakan kotoran manusia. dan setelah puas dia membersihkan diri dan shalat tahajjud,…
    Sumpah ini nyata, jadi kesimpulannya adalah poppo’ itu tidak memandang siapa atau setinggi apa ibadahnya, walaupun ibadahnya itu sangat bagus toh dia ngga’ sadar kalau dirinya adalah poppo’….
    trusss cerita lainnya adalah untuk mengetahui ciri2 poppo’:
    selain takut bawang kyk yg disebutin diatas, dia juga ngga’ tahan dipandangi lama2 trus orangnya biasanya kalu laki2 dia tampan klo cwk dia cantik dan juga mereka itu cenderung sangat bersih dan yang paling jelas adalah tak ada philtrum ( ituloooh yang ada antara mulut aama hidung yang kyk bermotif gituh….).
    and pesan aja buat agan2 semua, jangan coba2 tidur dengan poppo’ karena biasanya pada saat tidur penyakit ini tersebar dengan keluarnya hewan2 kecil (lipan, ulat,kecoak,dll) dari telinga mulut atau hidung mereka yang kalau masuk ke dalam dirikita bisa2 kita juga jadi seperti dengan mereka…

    • Rizky

      Hm… Makasih ya buat smuanya.. brkat info dari kalian ini, bisa sy jadikan resensi tugas mulok.
      Oh y mau nanya, knp makhluk itu d’sebut poppo’?? Apa arti poppo’ sbnarnya?? Dmana awal kbradaan istilah ini?? Thanks before and after..πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

    • ternyata apa yang dikatakan kakek nenek sampe ortu gw bner ya, ini penyakit gak mandang dia suka beribadah ssekalipun..
      maknya selalu mewanti2 kalo mau sama cewek liatain dulu keluarganya, ada gak yang jadi Poppo..
      karena denger2 ini diturunkan gan baik secara sengaja atopun otomatis..

  20. pengamat poppo

    Poppo itu adalah siluman wanita yg ingin mempercantik diri melalui ilmu tarekat tapi gagal..akibatnya wanita itu menjelma jd poppo..muncul di tengah malam,,terbang dari atap2 rumah ke pohon2 berbusana putih seperti kuntil anak (hantu perempuan dari Jawa). Poppo lebih sadis dari Vampire (hantu cina) dan Drakula (hantu Amrik) krn Poppo memakan Jantung manusia. Poppo biasanya suka mengganggu wanita yg suka dandan berlebihan, bergaya, dan pengganggu suami orang..Poppo akan tinggal di kolong ranjang gadis2 pengobral cinta, punya simpanan om-om. Berhati-hati lah gadis yg sok cantik, centil,..krn Poppo akan mengintai Jantungmu di setiap malam.

  21. besanya poppo ini muncul lewat tengah malam….sering muncul di rumah orang yang sedang sarat hamil….

  22. ardy

    saya jga pernah lihat poppo…

  23. armann

    Jika anda pergi ke Pinrang, sulawesi selatan. Cobalah berkunjung ke Benteng. Tau kan bendungan benteng di pinrang. nah disana ada suatu kampung bernama mamassa. Dan luar biasanya, cewek2 disana luar biasa cantik, semua model ada. Mulai dari gadis arab, jawa, gadis keraton dan bahkan mirip dengan artis. Mereka juga sangat mencintai kebersihan dan keharmonisan dalam berpakaian. Tutur bahasanya halus, dan suka menjenguk tetangganya yg sakit. Suka menolong orang yg melahirkan dan lemah lembut. Tapi sayangnya itu hanya berlaku pada siang hari, malamnya, mereka ya berubah menjadi poppo. Yg sebelumnya menggantungkan hatinya di atas loteng rumahnya. Jadi, kalo anda kenalan ma cewek sana, tanya dulu, dia atas atau bawah. Atas berarti poppo karna terbang dan bawah yg artinya parakang, karna suka mengendap2 di tanah.
    Ciri2 seorang poppo di siang hari itu:
    1. Mereka suka menyisir di beranda rumahnya.
    2. Wajahnya sangat cantik menawan, walaupun dia pakai jilbab sekalipun.
    3. Bentuk tubuhnya ramping dan langsing juga berkulit putih.
    4. Dan yg paling gampang, coba keluar bawaanak anda yg masih bayi, lihat ke perempuan yg pertama kali menyapa anda, apakah matanya (pupilnya) merah atau tetap hitam. Jika hitam anda selamat, tapi jika merah, juga selamat, anda tlah jadi keluarga poppo dan anak anda akan mati dalam 3 menit. (pernah terjadi soalnya ama susterr yg baru dateng menetap).

    parakang tuh seorang lelaki yg luar biasa tampan, bagai model, dude herlino mah jauh lah. Badannya kekar dan kuat2, aroma badannya pun harum dan kalo cewek pendatang melihat, pasti tuh cewek bakal terpikat (kalo imannya mank ga ada dan ga tau). Kebanyakan parakang tuh kalo siang bekerja sebagai guru, atau nelayan dan petani. Bahkan ada yg jadi imam salat. Mereka mengendap2 dibawah rumah warga jika malam tiba, dan larinya sangat cepat (mungkin cheetah kalah, coz pernah ada parakang yg dengan ciri2 yg sangat dikenal, langsung di cek pake telpon dan ternyata si parakang yg mengangkat telpon. padahal jarak rumah om ane dgn rumahnya tuh sekitar 2 km.

    Buat teman2 yg kayaknya kurang percaya, tapi ingin membuktikan, lebih baik bawa beberapa teman, tuk tumbal. Coz sekali anda berpegang jangan, bersentuh kulit dan memakai barang yg tlah dia pegang, maka anda tlah tertular. Selamat mencoba…. siapa tau bisa jadi oleh2 buat keluarga di rumah…

  24. armann

    oiya, poppo dan parakan tuh penyakit yg asalnya dari ilmu hitam. Tapi bisa disembuhkan. Syaratnya hanya pergi sejauh mungkin dari tempat dia terinfeksi virus itu selama paling cepat 10 tahun. Memiliki tekad kuat untuk sembuh dan menjadi manusia normal. Kalo terinveksi di sulawesi selatan, perginya jgn ke surabaya atau jakarta, kurang jauh, arab aja sekalian Menetap kira2 10 tahun di madinah, setelah itu, anda baru bisa pulang….

  25. mmm,, aph btul ituh crita poppo ??? sbnar-x ituww cmn mitozz,,, doang kan ??? emank sich,, sy in org makassar tp sy gak prcya sm gitu@an !! ^_^

  26. bulli

    menurut saya poppo itu adalah poppo itu ji

  27. Hy semua, sya jadi tertarik menceritakan sesuatu yg sering terjadi di rumah teman saya, begini kisahnya:
    Hal ini tidak tiap hari terjadi namun tidak menentu hari dan waktunya!! Sya tidak tahu itu mahluk apa namanya, suatu hari saya tinggal di rumah teman saya, di daerah sudiang!!
    Tiba-tiba terdengar suara seperti orang yang berjalan diatas atap rumah, ternyata hal itu bukan hanya sekali terjadi tutur teman sya, mnurutnya sudah beberapa kali!!
    Jika kita naik untuk melihat atap rumah, ternyata bubungan atap sudah tertekan ke bawah, seperti sudah sering di tempati berjalan!! Dan ketanya pada saat rumah di hamburi garam maka sejenak akan tercium bau busuk, namun hanya sebentar…

    Ada yg mengatakan itu poppo’ termasuk tetangga” yg juga sudah tahu hal tsb!! Apakah bener itu poppo’?? Apa yg harus dilakukan agar mahluk itu tidak naik di atap lagi…??
    Klo ada yg punya saran alamatkan ke: 081342043123

  28. Adhink HM A. Gani

    Nih ada sedikit masukan…. yg percaya akan adanya poppo’ itu bukan hanya org bugis tapi se-sulawesi pux cerita yg sama. konon ceritax poppo’ itu memang ada, poppo’ dan parakang itu sejenis, kalau sukanya sama yg kotor atau jorok saja itu dinamai poppo” tapi kalau sudah lebih dari itu masuk kategori parakang alias poppo’ tingkat tinggi, yang katax bisa berubah wujud. Q pernah nanyain soal poppok ini ke orang2, hampir cerita yang Q dapat semuax sama… jadi buat aq saat ini berpendapat kalau poppo’ itu benar adanya, walaupun belum pernah melihat dengan mata telanjang, aq pun telah menanyakan hal ini ke ahli agama, dari jalur keagamaan ini bisa di ibaratkan alam raya dan seisix itu bagaikan tubuh manusia ada kepala perut kaki tangan, dan poppo’ it sendiri dikategorikan ada pada bagian pembuangan atau bagian yg kotor pada manusia, jd keberadaanx sebenarnya telah melengkapi makna kehidupan… jadi bs diyakini adanya. ok ceritax dimulai….
    desas-desus cerita awal adax penyakit seperti itu di bawah oleh seseorang yg tak diketahui asalx (pendatang) yg tiba2 muncul dari laut dan menikah dengan orang pribumi setempat… hingga saat ini orang2 yg di anggap pux pexkit poppo’ ini tidak dapat ditelusuri seluk beluk keturunanx lebih jauh, darimana asalnya, arang mana, suku mana, itu tdak akan dapat didapati keteranganx..

    menurut cerita orang yg pux keturunan poppo’ memiliki ciri khas tersendiri, selain wajah yg rupawan dia juga memiliki mata yg jernih, warna mata yang hitam pekat dan putihx putih bersih tanpa tanda noda merah pada matax, dia juga memiliki sifat dominan bersih yg berlebihan, jijik pada hal2 yg berbau jorok atau kotor, walaupun itu hax sekedar cerita jorok yg didengar dia akan merasa mual.

    salah satu cerita yg aq dengar bahwa penyakit ini menular secara tidak langsung, tidak dalam interaksi secara langsung tapi menular disaat tidur, yang katax sering kali seekor binatang keluar dari tubuhnya, dari mulut hidung telinga, dan masuk kembali disaat akan terjaga.. kebaxkan orang berpendapat binatang itu adalah sosok dari jin yg ada dalam tubuhnya yg membuat dia jadi poppo’ karena binatang inilah yang suka dengan benda2 yg jorok, binatang ini dapat berpindah keorang lain disaat tidur bardampingan atau tidur berhadapan dengan orang tersebut, maka hal ini memungkinkan poppo’ itu bisa dikategorikan pexkit keturunan.

    menurut cerita orang tua dulu, orang yg pux penyakit seperti ini atau terjangkiti dapat dipulihkan dengan cara mengurung binatang yang keluar dari tubuhx disaat dia lagi tertidur, dan cara yg lain dimandikan oleh orang2 tertentu (sando). hal ini pernah terjadi di kampung aq sendiri dan ternyata dalam pemulihan itu memiliki dampak negatif, yakni orang tersebut akan kehilangan ketahanan tubuh, gampang sakit dan bahkan orang yg sudh dimandikan tersebut umurnya akan singkat (tidak lama sudah dimandikan akan meninggal dunia).

    salah seorang pemuka agama di kampung aq bercerita bahwa asal usul poppo’ it konon katax datang dari seorang sahab yg selalu menyertai Nabi. suatu saat sahabat ini disuruh membuang darah Nabi setelah berbekam, akan tetapi darah tersebut tidaklah dibuangx tetapi diminum dengan maksud agar mendapat karamah dari darah nabi tersebut, mengetahui hal itu nabi bertutur, apa yg ingin kau dapatkan akan terpenuhi, akan tetapi karna kelakuanmu semua keturunan kamu akan mengalami hal yg sama denganmu yaitu meminum dan memakan makanan yg kotor, hal ini akan hilang bila mana dia selalu dekat dengan perintahku yaitu shalat 5 waktu..

    jadi menurut cerita, orang yg pux penyakit seperti itu dia akan terlihat sangat taat dalam menjalankan shalat.

    jadi menilik dari cerita vers ke 2 ini orang2 yg pux keturunan seperti it tdak usah khawatir dengan shalat yg benar semua bs dihilangkan.
    dari hal ini aq pribadi mengambil kesimpulan bahwa cerita ini benar adanya, dan dengan masukx islam di sulawesi hal ini berangsur hilang dari kehidupan kita walaupun masih ada beberapa cerita yg tersisa tapi it hax berkasus pada satu dua orang saja. yg terpenting adalah jangan lah karena hal seperti ini kita sampai menghilangkan sifat toleransi dan kekeluargaan dalam kehidupan kita, merasa lebih baik dari mereka, pandanglah ini sbagai bentuk ujian kepada kita sejauh mana dan sedalam mana iman yg qt miliki.. bilamana qt memiliki iman yg masih sedikit sangatlah mudah bagi para syaitan untuk memperdaya qt… yakinlah manusia itu adalah makhluk yg sempurna, janganlah kita membedabedakan seseorang dengan lainx karena sesungguhnya yg paling mulia di hadapan Allah adalah orang yg paling bertaqwa.

    inilah yg dapat aq berikan selebihnya kita kemblaikan kepada Allah SWT.

    • salah,, itu cerita bohong,,, Jumhur ulama mengatakan bhwa apa saja yg kluar dr diri Baginda Rasulullah saw adalah suci baik kotoran beliau ataupun darah beliau saw, apakah kalian bs berpikir seorang yg sangat suci lg disucikan darahnya bs mnjadi siluman, itu sm halnya menghina Rasulullah saw ataupun sahabat r.a, yg mbuat malapetaka. Tidak, bahkan cerita yg sebenarnya terjadi adalah ketika rasulullah saw memerintahkan darah bekam beliau untuk dibuang maka sahabatpun telah mnuruti perintah beliau, namun ketika Nabi saw menanyakan dibuang kemana, mka sahabat pun mengatakan” ya Rasulullah, aku tlah membuangnya kedalam perutku”, mendengar itu Nabi saw pun trsenyum sambil bersabda” barang siapa yg tubuhnya bercampur darahku didalamnya mka tidak akan pernah disentuh api neraka selama lamanya”,baca hadis hadis nabi saw, imam bukhori, sahih muslim tarmidzi abu dawud, entah dr mana crita bohong ini berawal,pst bukan org beriman ataupun org yg ga punya pngetahuan ttg agama yg seenaknya aja mencampurkan yg hak dan yg batil,,

      • Adhink

        iya aku sepakat dengan abang…., qt tidak boleh menempatkan hal-hal yang buruk kepada diri Nabi, apa pun itu. bahkan keturunan dari beliau harus dikedepankan, tpi itulah cerita yang aq dapat di kampung Aq bang….

    • Aku orang Bima, awlnya gak percaya dengan yang kyak gini
      orang tua sampe nenekku selalu cerita tentang Poppo ini..
      setelah baca ini, akhirnya dapat pencerahan

  29. poppo,pocong,kuntil anak apapun itu jenisnya……..kita gk blh takut,karna manusia mahkluk plg sempurna…..nyatanya ja mereka gk brani kluar mlm,,,,,tkt item kale ya,,,……………..piss…

  30. heeeyyy apa koe orang nak bercapak saia terus……. ingat lah koe orang… saia kan tengok koe orang !!!!! saia nih poppo . . . .

  31. kalau di Kab. Wajo??? ada tidak poppo disitu??karena banyk tmnku di sekolah selalu ma’ccerita tntng setan pooppoi….

  32. ibrahim

    dinamakan demikian karena kemunculannya mirip seperti induk ayam saat hendak bertelur…

    makhluk ini adalah manusia yang berguru ilmu sesat.

    di manado dikenal dengan nama pokpok, di bali dikenal dengan nama leak, di maluku dikenal dengan nama suanggi, di daerah lain disebut dengan palasik kudung, dll.

    bentuknya bukan seperti yang digambar di atas tsb. akan tetapi berikut usus menjuntai kebawah; ususnya mengeluarkan aura berwarna warni, biasanya merah, hijau & biru.

    kemunculan pertama, biasanya si orang tsb melakukan ritual menari telanjang di atas bukit dengan bertelanjang, dan sesaat kemudian menggantung di atas pohon dengan kepala menghadap kebawah. kemudian kepalanya akan terlepas.

    saat mencari mangsa, dari lokasi pertama dari kejauhan akan berbentuk seperti bola api yang menyala terang, dengan bagian bawahnya spt lelehan api (spt lelehan api saat membakar plastik).

    dilokasi tempat sasaran (calon mangsa), biasanya dia akan nampak disekitar pohon yang ada dirumah calon korban, bentuk pertama diawali dengan suara saja, “suara spt ayam betina hendak bertelur… pok pok.. pok.. pok…”

    kemudian akan muncul cahaya kecil spt kunang-kunang, kemudian makin lama makin membesar, spt nyala puntung rokok, dan terus membesar kembali spt bola api yang bergerak gerak, saat diam (melayang disatu posisi), barulah terlihat wujud tsb sebenarnya adalah kepala manusia dengan usus menjuntai kebawah berwarna warni spt yg disebutkan di atas.

    calon korban biasanya wanita hamil muda, atau lelaki yang mencari kayu bakar di hutan (korban pria biasanya yang dimakan adalah bagian perut sampai kemaluannya).

    cara mencegah (hanya bisa dilakukan saat orang ini melakukan ritual menari telanjang di suatu tempat, kemudian menggantung dengan kepala kebawah/sebelum kepalanya terlepas, saat posisi terbalik ini:

    pukullah dengan daun kelor dengan jumlah pukulan ganjil.

    misalkan kita sabetkan daun kelor sekali (dia akan berteriak tambah/dobol/double), minta dipukul lagi…

    hati-hati, saat kita iseng orang ilmu sesat ini jangan datang sendirian, paling sedikit 2 orang, karena pukulan / sabetan ke2 dengan daun kelor, harus dilakukan bersamaan dengan teman kita, (2pukulan; kita sekali dan teman kita sekali, yang dilakukan hampir bersamaan)sehingga menjadi 3 kali (pertama kan sudah sekali tadi awalnya). pokoknya total keseluruhan menjadi ganjil.

    apabila kita lengah/salah, bahayanya dia akan memangsa kita.

    begitu…

    sumber:

    pengalaman pribadi di salah satu pulau manipa, dikampung halaman “maluku”

  33. ibrahim

    tambahan:

    ciri orang yang memiliki ilmu sesat ini, dalam kehidupan sehari-hari seperti manusia biasa saja layaknya, namun rata-rata memiliki warna mata yang agak kemerahan (spt orang sakit mata), ciri yang menandakannya, saat berbicara dengan lawan mata; tidak akan mau beradu pandang dengan waktu lama, paling lama bertahan kurang lebih3 detik, kemudian akan menunduk/melihat kebawah/mengalihkan pandangannya ke tempat lain.

    saat berjalan sendirian dilokasi hutan/jauh dari keramaian, biasanya lidahnya menjulur sampai menyentuh tanah. jalannya sangat cepat, seperti orang punya ilmu meringankan tubuh…

    rahasia untuk mengikuti tanpa diketahui oleh orang tsb (kalau berani mengikutinya/membuntutinya) adalah dengan membawa kelapa parut, namun ada trik-trik tertentu / semacam ritual / syarat yang harus kita lakukan di depan rumah orang ini (tanpa sepengetahuan orang tsb). tapi mohon maaf, caranya tidak akan saya beberkan disiniπŸ˜€

  34. Jadi gwe harus bilang wow gitu

  35. Dg.kulle

    TAKUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUTTTTT

  36. isbar susanto

    parakang memang nyata adanya. salah satu ciri2nya, jika berubah wujud, misalnya binatang seperti anjing atau monyet. maka binatang itu tidak berekor atau buntung. dan sya pernah melihat binatang yg seperti itu, monyet. di tempatku yang tidak pernah ditemukan monyet sebelumnya tiba2 pada tengah malam, ada seekor monyet yang jalannya aneh, kaki belakangnya lebih tinggi, dan tidak berekor. monyet tersebut keluar dari area kuburan dan menyeberangi jalan kemudian masuk ke halaman rumah seseorang yang konon kata orang2 memang menganut ilmu itu. orang yang memiliki ilmu seperti parakang, umurnya akan lebih panjang, krn arwahnya tidak diterima. saat sekarat harus ada anggota keluarganya yang menerima ilmu tersebut, sekaratnya parakang ditandai jika dia mengucapkan kata “lemba”/”pindah” yang niatnya itu ilmu mau dipindahkan ke keluarganya yang rela krn mungkin kasian sm keluarganya itu jika tersiksa. tapi selanjutnya dia yang akan meneruskan ilmu tersebut.

  37. coy pcl

    jika anda memang serius ingin bertemu sama poppo,ini syaratnya:
    persiapkan diri dan mental anda terlebih dahulu,carilah tempat sepi yng memunkinkan tidak orng melihat anda,siapkan tempurung kelapa yng mempunyai tiga lubang,siapkan juga ranting pohon kemiri yng udah kering.bakar ranting2 kemiri tersebut sambil duduk d tempurung kelapa,biarkan berasap karena poppo suka asap dari kayu kemiri,tunggulah beberapa menit kemudian,buktikan sendiri!
    catatan,,tidak di anjurkan yng punya penyakit jantung atau lemah jantung,jangan lari pada saat udah melihat poppo tersebut,karena bisa bahaya buat anda,lakukan diskusi dengan poppo tersebut,selamat mencoba
    β€œβ€””””””””””””” INI SUDAH DI BUKTIKAN””””

  38. RAJA POPPO'

    klw cerita tentang parakang dan poppo’ ada jga tetangga sya pas depan rumah . . . masa setiap tengah mlam dia pergi mandi2 di got masuk d’akal itu kah ?? jam 02.00 mlam mandi dgn air got iihh menjijikan skali ku rasa . . . memang iyya bkan sya yg lihat tpi kakak ku pagi2 dia cerita sma keluargaku semua . . .

    apa betul i2 salah satu ciri’ parakang ????

    • ari bahari

      iya betul poppo / parakang itu memang suka sama kotoran katax ia suka mencari makananx itu di got seperti kotoran manusia

  39. Sukri macz

    Sbetul.y orng yg mnjadi prkang i2 hnyalah ingin mncari harta kekayaan.namu mntra yg mreka bca i2 slh…akibat dari kslahan.y i2lah yg membuat mereka sperti ini…
    _
    Ini prnah terjadih d’tmpat tinggal zy…

    mlm i2 zy hndak k’rmah teman.mlm i2 sdah jam 02.06,tiba2 zy mlihat ada orng yg brdiri d’smping rmh zy..truz dia memanggil nama ibu zy…
    Zy cpat lari & Langsung membagunkan ibu zy,truz zy blang
    :Ada yg nyari ibu..tu d’samping..
    Lalu ibu zy bliang
    :kamu jngan kluar biar ibu yg crita..
    Prkang i2 pun langsung memanggil ibu zy ikut k’aliran sesat..
    untung.y ibu zy nolak..truz ibu zy nyuruh dia untuk prgi tapi dia ngak mau prgi sblum ibu zy menjawab.y..krna dia ngakk mau prgi trpkasa ibu zy menggambil parang,truz smbil membaca doa ibu zy trun dngan brani.y…
    Prkng i2 prgi smbil nangis…..
    Sukri macz…

  40. Ghost Buster

    saya percaya, karena tadi malam, saya sudah tes dengn ari-ari ayam.. nah, begini ceritanya;

    malam itu saya dan teman-teman ku tidak ada kerjaan mau ngapain dirumah, dan teman saya punya ide dengan memancing mendatangkan POPPO’.. mula-mula ari-ari ayam di keringkan di terik matahari, agar mudah terbakar dan baunya menyengat, supaya kita tidakk menunggu lama, dan ari-ari itu di tusuk seperti sate dan di gantung… jam mulainya itu sekitar 00-00 s/d 04-00, kami memulai jam 03-00.. kami mulai membakar ari-ari itu dan mulai cepat bersembunyi dan itu terbukti.. poppo itu datang dari berbagai arah, bahkan tetangga dari rumah tempat saya mencoba,

    ciri-ciri saat dia mulai datang,
    1. pada saat baunya menyengat, anjing mulai menggonggong.
    2. anjing itu mondar-mandir di trmpat saya membakar ari-ari itu, dan anjing itu mulai mendekati bersama poppo itu..
    3. di saat anjing itu mulai menggonggong keras bertanda poppo’ itupun mulai memakan

    ciri ciri bentuk poppo itu,
    1. poppo itu telanjang
    2. lidahx menjulur panjang bisa sampai 2-3 m
    3. rambutnya mekar kaya Goku lagi super saiyan
    4. mata merah
    5 pada saat dia makan, dia berusaha mengambil makanan itu dan dia mengambilnya dengan berjoget lebih dahulu

    pada malam itu, poppo’ yg datang sebanyak 4-5 orang, dan salah satunya adalah tetangga depan rumah kami karna, pada saat anjing mulai tidak bergonggong lagi itu bertanda poppo itu sudah pergi dan menghabiskan makananx dan pada saat itu pula kami mendengar tetangga kami sedang mandi membersihkan diri, suatu kebetulan kami mencurigainya dan ternyata hal itu terbukti semalam….

    klw kalian mw coba usahakan jangan sendiri, carilah anggota minimal 5-7 orang dan jangan ribut pada saat melakukannya, cukup dengan kode krn suara sekecil apapun dia akan bisa mendengarx dan klw mereka mendengar suara kalian bisa jadi anda akan di teror krn rasa malu mereka…..

    SELAMAT MENCOBA !!! dan inilah terbukti semalam, tanggal 20 agustus 2013, jam 03:00 WITA

  41. Aulia

    Serem ya. Kebetulan aku orang bugis, dan gatau cerita tentang itu. Hmmm gimana ya jadinya takut pulang kampung:|
    Tapi apa iya poppo itu nyata? Dan aku ingin tanya, kenapa ia selalu berkata ‘poppo’, apa arti dari kata itu tersebut?

  42. Anak mamuju

    Poppo” it memang benar adanya. Ciri2 yg dituliskan tman2 diatas memang seperti itu. Saya dari kab. Mamuju SulBar, dan memang di Mamuju ada 1 daerah yg bnyak berketerunan seperti itu. Sahabat sy bahkan mengakui kalau dia punya sepupu sekali yg seperti itu, dia cwe , cantik,mulus, pokokx bisa bikin cwo2 lama2 dikamar mandi, hahahaha ! ! Dan seorang lg cwo, , sy sdh buktikan si cwo ini ga kuat beradu pandang ma sy. Dan matanya memang kemerahan seperti org sakit mata.

  43. WAHYU

    PEPPO TIDAK ADA BEGO’, ELU MUSLIM APA ANIMISME SIH,,,,MASA’ PERCAYA YANG BEGITUAN.

  44. apa ya ciri2 poppo ituuu,.,.,.,.,.,,.kata nenek ku poppo banyak di sekitar pinrang

  45. Abdullah

    Seru euy membaca ceritanya…
    Yang punya bebe invite my pin ya…

    Pin:2779D7A9
    Makasih…

  46. ilham

    tnya dong min
    lw Dia manusia atau pop’po
    apAkah Anak Mereka atau kturunan MEREka jga akan Bgtu
    BALES!!!!!!!!!

  47. lolk

    Poppo Itu seperti Pendo

  48. feby

    saya hanya ingin tau ciri ciri orang poppo kan ..
    apa bilah ada yang tau ciri ciri poppokan beri tau sya.. karna sya sangat membutuhkannya..
    dan apa yang poppo takut kan..
    mohon bantuannya

  49. asra

    poppo itu biasa nd’ di sembuhkan nd’ & bagaimn seorang perempuan yg menikh dgn seorng laki2 yg px keturun poppo/seorng poppo apa dya akan menular ma ma istrix it..???

  50. wawan

    tapi dikampung saya beda ciri2nya. poppo didaerah saya suka makan mangga jadi nanti musim mangga baru banyak berkeliaran poppo. poppo didaerah saya juga memiliki sayap dan bisa terbang kesana kemari dari satu pohon mangga ke pohon yang lain dan cara makannya pun aneh karna biji mangganya ditinggal diatas pohonnya…..

  51. jadi ini poppo termasuk kategori mitos legenda, takhayul, atau cerita kuno?

  52. hati2 semuanya, mungkin tanpa kita sadari dari berbagai macam komentar atau banyaknx komentar ini ,, bisa saja salah satu dari sekian banyak komentar itu adalah PARAKANG ATAU POPPO ..

  53. wahyudi

    d mna setan nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s