Banyak Pintu Banyak Istri

Wanita paling takut dengan mitos ini. Mereka menganggap pintu utama rumah yang lebih dari satu mendorong seorang suami menikah lagi. Benarkah demikian? Padahal sekarang ini banyak rumah besar dibangun dengan pintu depan lebih dari satu. Lalu apakah itu berarti semua pemilik rumah besar beristri banyak? Tentu saja tidak.

Di dunia ini tidak ada sesuatu yang pasti. Satu tambah satu tidak selalu dua. Dua unsur kimia yang bercampur dalam suatu reaksi pun, akan menghasilkan unsur baru yang sama sekali berbeda. Demikian juga dengan fengshui. Bagian depan rumah dengan dua pintu pun tidak selalu buruk. Apalagi dianggap sebagai pertanda seorang suami yang berpoligami.

Buka Pintu Menyambut Qi

Sebenarnya, pada keadaan tertentu yaitu bilamana energi Qi pada pintu lama sudah pudar, feng shui malah menganjurkan untuk membuka pintu baru. Dalam bahasa Mandarin disebut “cheng wang kai men” yang artinya bukalah pintu (tambahan) selagi (Qi pada suatu tempat sedang) kuat dan positif. Hanya saja pintu tambahan itu harus lebih kecil dari pada pintu utama.

Memang, seiring dengan bergantinya periode, energi Qi pada semua orientasi arahpun bergeser. Qi di suatu tempat yang tadinya kuat, bisa saja menjadi lemah. Demikian juga sebaliknya. Maka energi di pintu utama yang awalnya positif, dapat berubah menjadi negative. Bila itu terjadi, kita perlu membuka pintu baru di tempat yang memiliki Qi positif dan kuat. Tujuannya agar energi positif tetap dapat mengalir ke setiap sudut ruang di dalam rumah.

Pertanyaannya, jika pintu lama jarang digunakan, mengapa tidak ditutup saja? Lalu kusen dan daun pintunya dipindahkan ke pintu baru sehingga bisa menghemat biaya renovasi. Jawabannya ternyata sederhana. Pintu lama tetap diperlukan sebagai penentu periode. Karena jika dibongkar dan ditembok, periode bangunan akan berubah.

Dan bila itu terjadi, maka peta energi di dalam ruangan pun akan berganti. Pintu baru yang tadinya berada di tempat berenergi positif, akibat bergesernya Qi, energinya bisa saja berubah menjadi lemah dan negative.

Pintu Lebih dari Satu

Sebenarnya terserah Anda ingin membuka berapa pintu akses untuk sebuah rumah, sepanjang semua pintu berada pada posisi Qi yang yang positif. Itu tidak masalah. Memang di dalam Kitab Yang zhai tian yuan jing, salah satu buku penting feng shui disebutkan: “Jika tidak mempunyai tempat baik lainnya untuk membuka pintu tambahan, sebaiknya hanya memiliki satu pintu saja”.

Jadi persoalannya bukan dua pintu di bagian depan rumah pasti berpengaruh buruk, tetapi apakah pintu-pintu itu berada di posisi baik atau tidak. Bila pintu berada di posisi yang baik, energi positif akan mengalir ke dalam rumah, dan semua orang yang ada di dalamnya akan peroleh faedah. Hal sebaliknya akan terjadi bila pintu berada di posisi buruk. Jadi kenapa mesti takut?

Tinggalkan komentar

Filed under Tip & Trik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s