Hubungan Antara teori Darwin tentang evolusi dan penjelasan alkitab tentang penciptaan Manusia

Sampai sejauh ini banyak sekali umat manusia yang pro dan kontra mengenai teori ini. Keduanya memiliki bukti yang tidak dapat diragukan. Tapi adakah hubungan dari kedua teori ini, adakah hubungan dari teori ini…

Ini berdasarkan pendapat saya, tapi pembaca bisa tanggapi sendiri deh..

Hubungan antara keduanya ADA, tapi keduanya dapat dipisahkan dimana teori darwin hanya mengupas dari segi DUNIAWI saja atau Jasad Mahluk Hidup sedangkan Al-Quran menjelaskan secara Roh, Spirit.

Kita mulai dengan ayat al-Quran tentang penciptaan Adam dan Hawa

Menurut syariat Islam, manusia tidak diciptakan dibumi, tapi yang diturunkan dimuka bumi sebagai Manusia dan diangkat /ditunjuk Allah sebagai Khalifah (pengganti /penerus) di muka bumi atau sebagai Makhluk pengganti yang tentunya ada makhluk lain yang di ganti, dengan kata lain adalah Adam ‘bukanlah Makhluk Pertama’ dibumi, tetapi ia adalah ‘Manusia Pertama’ dalam ajaran Agama Samawi, dan Allah tidak mengatakan untuk mengganti manusia sebelumnya, tapi pengganti makhluk yang telah membuat kerusakan dan menumpahkan darah dibumi, itu yang menjadi kegusaran para Malaikat.

Sebelum kehadiran manusia telah banyak umat yang terdiri dari Malaikat, Jin, Hewan, Tumbuhan dan sebagainya, karena dalam Al-Qur’an ciptaan Allah disebut juga dengan kata Ummat. Sesuai dengan salah satu surah Al An’aam 32, yang berbunyi:

Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan ummat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan. (Al An’aam 6:32)

Penciptaan Adam

Mengenai penciptaan Adam sebagai khalifah di muka bumi diungkapkan dalam Al-Qur’an:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (Al-Baqarah 30)

Nama makhluk yang diungkapkan para ahli arkeologi diatas kemudian dikaitkan pada pendapat para ahli mufassirin. Salah satu diantaranya adalah Ibnu Jazir, dalam kitab tafsir Ibnu Katsir mengatakan: “Yang dimaksud dengan makhluk sebelum Adam diciptakan adalah Al Jan yang suka berbuat kerusuhan.”

Menurut salah seorang perawi hadits yang bernama Thawus al-Yamani, salah satu penghuni sekaligus penguasa/pemimpin di muka bumi adalah dari golongan jin.

Ada juga yang mengatakan bahwa telah ada 3 ummat yang utama sebelum Adam. Dua diantaranya dari bangsa jin, sedangkan kaum yang ketiga adalah dari golongan yang berbeda dari Jin, karena mereka ini berdarah dan berdaging.

 

Adam Menghuni Syurga

Adam diberi tempat oleh Allah di surga dan baginya diciptakan Hawa untuk mendampingi, menjadi teman hidup, menghilangkan rasa kesepian, dan melengkapi fitrahnya untuk menghasilkan keturunan. Menurut cerita para ulama, Hawa diciptakan oleh Allah dari salah satu tulang rusuk Adam sebelah kiri sewaktu beliau masih tidur sehingga saat beliau terjaga, Hawa sudah berada di sampingnya. Allah berfirman kepada Adam:

Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu syurga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:35)

Teori Evolusi Darwin

ASAS HIPOTESIS DARWIN

Hipotesis evolusi menyarankan bahawa semua yang sedang atau telah hidup berasal daripada organisma yang lebih rendah atau kurang sempurna melalui proses turunan disertai dengan perubahan.Bukti-bukti yang diutarakan oleh Darwin adalah seperti berikut menurut keutamaannya.

 

Bukti-Bukti Utama ialah :

  1. Di antara individu-individu kebanyakkan spesis,terdapat berbagai variasi dan perubahan .Variasi ini sangat jelas di kalangan haiwan ternak dan tumbuhan pertanian.
  2. Dalam perjuangan hidup ,organisma (haiwan atau tumbuhan) yang akan terus hidup ialah yang paling mampu untuk mempertahankan diri atau menyesuaikan diri dengan keadaan iklim dan suasana sekitarnya.Organisma-organisma yang terbaik itu akan memindahkan baka-bakanya kepada keturunannya secara proses seleksi tabii.
  3. Mutasi dan pemencilan memain peranan yang penting untuk mewujudkan sesuatu spesis yang baru.
  4. Rekod-rekod fosil dari zaman purba yang dijumpai di lapisan geologi telah memberi bukti bahawa evolusi telah berlaku.

 

BUKTI-BUKTI SAMPINGAN

a) Persamaan yang dapat dilihat dari peringkat –peringkat “embrio” ke peringkat “fetus” antara organisma –organisma yang jelas berbeza pada peringkat dewasa.

b) Kebolehan untuk menjenis organisma-organisma dalam kelas-kelas tertentu menurut ke turunan dan peringkat-peringkat kesempurnaan.

  1. Adanya anggota-anggota (organ) yang dianggap sebagai tidak berkembang .Anggota tersebut telah disangka sebagai turunan anggota yang berperingkat lebih rendah di mana anggota itu didapati dalam keadaan yang sempurna dan sangat berguna.

Kesimpulan

1.       Allah telah menciptakan mahluk sebelum manusia dari daging dan darah dibumi ini jauh sebelum adanya manusia dibumi ini.

2.       Allah meniupkan ruh kepada salah satu mahluk di bumi untuk dapat diangkat derajadnya dan menjadi  penguasa di bumi

3.       Allah menjadikan manusia atas 2 komponen dasar Jasad yang bersifat duniawi dan roh yang besifat kekal hingga akhirat

4.       Jasad kita gunakan untuk dapat hidup didunia sebagai kendaraan untuk mengumpulkan bekal menuju akhirat.

5.       Jasad berhubungan dengan duniawi  sehingga makanannya juga besifat duniawi dari tanah, berbagai macam tumbuhan dan hewan lain serat oksigen dari dunia

6.       Dunia merupakan tempat persinggahan dari roh

7.       Jasad sifatnya tidak kekal dan akan kita tinggalkan.

8.       Jasad bisa berevolusi di dunia, teori darwin hanya menjelaskan tentang Dunia.

9.       Roh bersifat kekal dan butuh juga nutrisi berupa ibadah  & amal untuk bekal menuju Akhirat sebab jasad akan kita tinggalkan.

10.   Sifat jasad selalu senang akan kehidupan duniawi, kecantikan, makanan enak, bentuk tubuh yang bagus, dll

11.   Sifat Roh adalah baik dan murni

12.   Mata dari jasad adalah mata fisik sedangkan mata dari roh adalah hati. Jadi bisa saja kita dibutakan oleh mata fisik tapi tidak dengan mata hati.

13.   Kita saling berhubungan dengann roh (Connected) dapat berkomunikasi dan sebagainya walaupun berbeda bangsa dan suku.

14.   Fisik dan jiwa sama-sama dapat diserang penyakit

Demikianlah yang bisa saya simpulkan dari beberapa sumber, mungkin ada yang berbeda pendapat mengenai hal ini. Mohon dimaafkan atau silahkan tinggalkan komentar.

 

Sumber :

Penciptaan Adam Hawa : http://id.wikipedia.org/wiki/Adam

Evolusi dari : http://pkukmweb.ukm.my/~ahmad/tugasan/s3_99/rosmina2.htm

About these ads

4 Komentar

Filed under Dunia

4 responses to “Hubungan Antara teori Darwin tentang evolusi dan penjelasan alkitab tentang penciptaan Manusia

  1. Amiril

    secara teoritis,teori darwin hanya merupakan propaganda utk menggoyahkan keyakinan umat.jikalau memang manusia merupakan evolusi dari kera,kenapa kera2 sekarang masih ada,kalaupun memang kera adalah merupakan hasil evolusi kera terdahulu,bisa dibayangkan bagaimana jeleknya kera2 pertama kali,orang sekarang aja masih jelek…mungkin juga darwin cuma ngaku2 aja keturunan kera karena kera aja gak mau mengakui darwin sebagai keturunannya,jadi kalo mau jadi kera lo aja sendiri darwin gak usah ngajak2 orang laen jadi kayak lo…

  2. syeel

    makasih banget informasinya..boleh aku copy ga??

  3. haris munandar

    tanks ea bacaan ny,,,,,
    skarna telah membantu ny dlm tugas kuliah ku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s